Logo Bloomberg Technoz

Profil MTI Morowali: Pipa Gasnya Bocor di IMIP, Terafiliasi MDKA

Dovana Hasiana
21 March 2024 12:10

Ilustrasi penambangan dan pengolahan logam dan mineral (dok PT Merdeka Copper Gold Tbk)
Ilustrasi penambangan dan pengolahan logam dan mineral (dok PT Merdeka Copper Gold Tbk)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kebocoran pipa gas asam atau acid diduga terjadi di area pabrik milik PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) di dalam kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) pada Selasa (19/3/2024) sekitar pukul 23.00 WITA. 

PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) merupakan usaha patungan antara PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBM), melalui anak perusahaannya PT Batutua Pelita Investama (BPI), dan Eternal Tsingshan Group Limited untuk mengelola Proyek Acid, Iron Metal (AIM) di Morowali, Sulawesi Tengah.

Dilansir melalui situs resmi, proyek AIM adalah pabrik pengolahan mineral yang berasal dari Tambang Tembaga Wetar yang akan menghasilkan bahan baku baterai untuk mobil listrik yang berlokasi di kawasan industri nikel IMIP.

Perusahaan ini didirikan pada 2021 setelah adanya penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Eternal Tsingshan Group Limited pada 2020.

Adapun, proyek AIM milik MTI mulai beroperasi pada semester II-2023 dengan kapasitas 1,2 juta ton asam dan uap dan menghasilkan asam sulfat, uap jenuh, pelet bijih besi, spons tembaga, hidroksida timbal-seng, emas, dan perak.

Suasana Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)