Logo Bloomberg Technoz

Daftar Janji Ekonomi Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Redaksi
21 March 2024 05:50

Capres Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Capres Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Prabowo-Gibran menjadi presiden dan wakil presiden terpilih dalam hasil Pemilu 2024. Ketetapan dibacakan KPU dalam Keputusan mengenai penetapan hasil Pemilu 2024, Rabu (20/3/2024) malam.

Dalam beberapa kesempatan sejak masa kampanye hingga menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024, Prabowo membeberkan sejumlah rencana ekonomi yang akan dijalankan sebagai presiden terpilih. Beberapa rencana tersebut di antaranya adalah mendongkrak ekonomi hingga tumbuh di kisaran 7%-8%, menjalankan program makan siang gratis, mengekspor pangan dalam 4 tahun mendatang, hingga melakukan sejumlah efisiensi di berbagai lini.

Berikut daftar janji dan rencana ekonomi Prabowo jika menjadi Presiden Indonesia pada 2024, dikutip dari rancangan visi misi kampanye serta kutipan pernyataan langsung:

  • Pertumbuhan Ekonomi Capai 8%

Prabowo Subianto menargetkan ekonomi Indonesia bisa tumbuh di kisaran 7%-8% dalam kurun waktu 3-5 tahun ke depan. Menurut dia, permintaan dan daya beli masyarakat yang terus meningkat merupakan salah satu alasan dibalik proyeksi pertumbuhan sebesar 8% tersebut.

“Tadi saya optimistis, saya sampaikan (pertumbuhan ekonomi) 7%-8%, dalan kurun 3-5 tahun kan?,” ujar Prabowo saat menghadiri Mandiri Investment Forum 2024, di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2024).

Ia menjelaskan, pendekatan ekonomi yang Indonesia lakukan adalah melalui kolaborasi antar sektor dan antar lembaga. Utamanya, kerja sama ekonomi dilakukan oleh semua pihak mulai dari level besar, menengah, kecil, hingga level mikro.