Logo Bloomberg Technoz

Menanti Akhir Nasib Kilang Tuban Setelah Pertamina ‘Di-PHP’ Rusia

Wike Dita Herlinda
17 January 2024 14:38

Grass root refinery (GRR) Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft
Grass root refinery (GRR) Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft

Bloomberg Technoz, Jakarta – Nasib proyek strategis nasional (PSN) Gras Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban besutan PT Pertamina (Persero) masih terkatung-katung, menyusul belum jelasnya kelanjutan investasi dari Rusia melalui Rosneft Singapore Pte Ltd.

Meski hingga kini Rosneft tidak kunjung memberi kepastian, Pertamina masih belum putus berharap dan tetap memberi batas waktu untuk final investment decision (FID) Rosneft di proyek Kilang Tuban pada tahun ini.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) - subholding Pertamina di bidang kilang dan petrokimia - sendiri pun memastikan keputusan investasi akhir atau FID proyek Kilang Tuban akan diumumkan pada Maret 2024.

"Insyaallah Maret 2024 FID bisa kita dapatkan. Tentu harapannya dengan dukungan infrastruktur dan akses lahan kilang [yang mumpuni]," ujar Direktur Utama PT KPI Taufik Adityawarman di kompleks parlemen, pengujung 2023.

Untuk mendukung misi itu, Taufik mengatakan perusahaan juga tengah menyiapkan persetujuan akhir beberapa paket tender infrastruktur pendukung dengan konsep pendanaan engineering procurement construction (EPC).