Logo Bloomberg Technoz

GOTO Catat Rugi Bersih Rp90 T di 2023, Ini Penjelasannya

Sultan Ibnu Affan
19 March 2024 17:53

GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan rugi bersih yang diatribusikan kepada pemilik induk senilai Rp90,39 triliun pada kinerja keuangan 2023. Rugi bersih GOTO meningkat 128% dibandingkan setahun sebelumnya yang tercatat Rp39,57 triliun.

Namun, bila dibedah lebih rinci kenaikan rugi bersih terjadi ketika kinerja operasional GOTO meningkat positif dan penurunan beban secara signifikan. Pendapatan bersih melesat 30,28% menjadi Rp14,79 triliun, sementara total beban operasional turun 39,86% menjadi Rp25,06 triliun.

Penyebab rugi bersih membengkak adalah akibat divestasi PT Tokopedia ke TikTok yang terjadi beberapa waktu lalu. Hal ini membuat GOTO mencatatkan kerugian penurunan nilai aset goodwill sebesar Rp78,76 triliun selama 2023.

Goodwill merupakan aset tak berwujud yang terkait dengan pembelian satu perusahaan oleh perusahaan lain. Nilai dari nama perusahaan, reputasi merek, basis pelanggan, layanan pelanggan yang baik, hubungan karyawan, dan teknologi merupakan aspek-aspek dari goodwill. 

Goodwill tidak berkaitan dengan kinerja operasional perusahaan dan lebih mencerminkan harapan jika investasi tersebut akan memberikan keuntungan di masa depan. Pada dasarnya kerugian yang cukup besar ini telah GOTO sampaikan sebelumnya pada proforma kinerja kuartal III-2023 lalu dalam keterbukaan informasi transaksi divestasi Tokopedia.