Logo Bloomberg Technoz

Capai Profitabilitas, GOTO Raih Adjusted EBITDA Rp77 M di Q4-2024

Sultan Ibnu Affan
19 March 2024 17:33

Grup GOTO dengan berbagai unit bisnis, dari layanan perbankan, fintech, e-commerce hingga logistik. (Dok: Bloomberg)
Grup GOTO dengan berbagai unit bisnis, dari layanan perbankan, fintech, e-commerce hingga logistik. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akhirnya mencapai level level profitabilitas dengan mencatatkan EBITDA yang disesuaikan Rp77 miliar pada kuartal IV-2023. Hal ini mengembalikan dari level rugi yang tercermin dari EBITDA yang disesuaikan kuartal IV-2022 yang minus Rp3,14 triliun

Berkat pencapaian pada kuartal IV, sepanjang 2023 GOTO mencatatkan EBITDA yang disesuaikan minus Rp3,67 triliun, jauh lebih rendah dari setahun sebelumnya yang tercatat minus Rp16,01 triliun.

EBITDA yang disesuaikan atau Adjusted EBITDA pada dasarnya adalah ukuran keuangan non Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Ukuran ini memiliki komponen rugi sebelum pajak penghasilan dan menyesuaikan untuk beban penyusutan dan amortisasi, penghasilan keuangan, biaya bunga, hingga perhitungan kerugian atas penurunan nilai investasi pada entitas asosiasi.

Dalam laporan keuangan 2023, mencatatkan pendapatan bersih mencapai Rp14,79 triliun di tahun 2023, tumbuh 30,28% dibandingkan dengan pendapatan tahun sebelumnya Rp11,35 triliun.

Kenaikan pendapatan ini terjadi seiring dengan kenaikan pendapatan dari lini bisnis perusahaan yakni on-demand services (ODS), e-commerce, dan financial technology (fintech).