Logo Bloomberg Technoz

KPK Panggil Fadel Muhammad Jadi Saksi Dugaan Korupsi APD Covid

Angga Indrawan
19 March 2024 16:05

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan alat pelindung diri (APD) di Kemenkes, Selasa (19/3/2024). 

"Tim penyidik KPK menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi, Fadel Muhammad Al-Haddar," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (19/3/2024).

KPK tidak mengungkap rinci keterkaitan Fadel Muhammad dalam kasus ini. Namun selain Fadel, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap satu saksi lainnya atas nama Imam Rahadian P selaku Staf PT Dunia Transportasi Logistik.

Dalam kasus ini KPK telah lebih dulu sejumlah saksi mulai dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkes Oscar Primadi; Direktur PT GA Indonesia Song Sung Wok; Dokter Anestesi pada RSUD Lembang Sri Lucy Novita; Komisaris Utama PT Permana Putra Mandiri Siti Fatimah Az Zahra; Direktur Utama PT Permana Putra Mandiri Ahmad Taufik; dan lainnya. KPK juga melakukan penggeledahan sejumlah tempat di wilayah Jabodetabek dan Surabaya.

KPK dalam paparan sebelumnya menjelaskan nilai anggaran proyek APD mencapai Rp3,03 triliun untuk 5 juta set APD. KPK memastikan sudah ada tersangka yang ditetapkan, namun belum diumumkan.