Logo Bloomberg Technoz

Menkopolhukam Sebut KPU Umumkan Penetapan Hasil Pemilu 2024 Besok

Muhammad Fikri
19 March 2024 16:30

Konferensi Pers Pengamanan Bidang Informasi dan Komunikasi Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024 (YouTube: Kemenko Polhukam RI)
Konferensi Pers Pengamanan Bidang Informasi dan Komunikasi Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024 (YouTube: Kemenko Polhukam RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memastikan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan penetapan hasil pemungutan suara pada Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2024). Hal ini disampaikan saat menanggapi belum tuntasnya rekapitulasi nasional pada empat provinsi yaitu Jawa Barat, Maluku, Papua, dan Papua Pegunungan.

“Masih sesuai rencana[penetapan hasil pemilu], sesuai dengan undang-undang, 35 hari setelah pemilu, kita umumkan,” kata Hadi di Kantor Kemenko Polhukam, Selasa (19/3/2024).

Kemenko Polhukam sendiri telah menggelar rapat koordinasi bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kabareskrim Polri, Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais), Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI menjelang penetapan hasil Pemilu 2024. Pemerintah mencoba untuk melakukan antisipasi dan pencegahan potensi buruk jika terjadi kekecewaan soal hasil penghitungan suara.

"KPU terus berupaya untuk tepat waktu tanggal 20 Maret 2024," ujar Hadi. "Tanggal 20 tepat waktu diumumkan hasil pemungutan suara Pemilu 2024."

KPU sendiri mengklaim sudah pasti menuntaskan rekapitulasi pada dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Maluku pada hari ini. KPUD dua provinsi tersebut sudah berada di Kantor KPU Pusat. Pada saat berita ini ditulis, KPU pun sudah memulai rekapitulasi Jawa Barat.