Logo Bloomberg Technoz

Harga Kakao Meroket, Ancam Pasokan Cokelat Jelang Paskah

News
18 March 2024 21:00

Seorang wanita melihat-lihat coklat di toko coklat Hotel Chocolat di London (Bloomberg)
Seorang wanita melihat-lihat coklat di toko coklat Hotel Chocolat di London (Bloomberg)

Mumbi Gitau dan Megan Durisin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga kakao berjangka telah melonjak dua kali lipat dalam waktu kurang dari tiga bulan seiring dengan kenaikan harga yang meningkat. Hal ini berdampak pada kenaikan harga cokelat bagi konsumen dan membuat produsen coklat kesulitan mendapatkan pasokan.

Kontrak paling aktif di New York naik menjadi US$8.394 per ton metrik, yang tertinggi sepanjang sejarah. Panen di Afrika Barat – wilayah penghasil utama – telah hancur akibat penyakit dan serangkaian cuaca ekstrem. 

Hal ini menempatkan dunia pada defisit pasokan cokelat untuk ketiga kalinya berturut-turut. Pabrik pengolahan di sana sudah mengalami penutupan, dan peraturan lingkungan baru yang akan datang di negara-negara importir Eropa menambah hambatan untuk mendapatkan biji kakao.

Lonjakan harga kakao ini semakin cepat mendekati Paskah, hari libur besar konsumen cokelat di negara-negara seperti Amerika Serikat. Meskipun produsen membeli biji kakao beberapa bulan sebelumnya, kenaikan harga mulai berdampak dan beberapa cokelat batangan menjadi lebih mahal, ukurannya lebih kecil, atau diisi dengan rasa lain untuk mengurangi dampaknya.

Grafik harga kakao. (Sumber: Bloomberg)