Logo Bloomberg Technoz

Pasca-Merger, Korean Air Prioritaskan Beli Airbus Daripada Boeing

News
18 March 2024 18:40

Korean Air. (Sumber: Bloomberg News)
Korean Air. (Sumber: Bloomberg News)

Danny Lee dan Charlotte Ryan - Bloomberg News

Bloomberg, Korean Air Lines Co hampir mencapai kesepakatan signifikan untuk memesan jet berbadan lebar (widebody) Airbus SE. Ini dilakukan karena maskapai penerbangan tersebut ingin menyederhanakan armadanya setelah merger dengan Asiana Airlines Inc selesai.

Menurut sumber, maskapai ini berencana membeli sekitar 20 jet A350. Kesepakatan itu bisa diumumkan segera minggu ini, meskipun belum final dan masih bisa gagal tergantung pada hasil rapat dewan direksi pada 21 Maret.

Korean Air juga mempertimbangkan untuk menambah pesawat lorong tunggal (single-aisle) A321neo. Maskapai ini telah melakukan pemesanan tambahan senilai 4,1 triliun won (Rp48 triliun) untuk 20 jet tersebut pada bulan Oktober, sehingga total pesanan mereka menjadi 50 unit.

Maskapai penerbangan ini juga telah mengevaluasi Boeing Co 777X, kata CEO Walter Cho pada tahun 2022. Pesawat widebody terbaru dari pabrikan AS tersebut, yang diklaim akan menjadi yang terbesar dan paling hemat bahan bakar di dunia dengan dua mesin, masih menjalani proses sertifikasi.