Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan SPAM Regional Banjarbakula

Krizia Putri Kinanti
18 March 2023 07:51

Presiden Jokowi Resmikan SPAM Banjarbakula Kalsel (Dok: Kementerian PUPR)
Presiden Jokowi Resmikan SPAM Banjarbakula Kalsel (Dok: Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta -Presiden RI Joko Widodo resmikan SPAM Regional Banjarbakula di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), untuk menambah pasokan air bersih perpipaan pada 5 kota/kabupaten yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, dan Tanah Laut. 

Jokowi mengatakan SPAM Regional  Banjarbakula nemiliki manfaat besar untuk mensuplai sekitar 60 ribu rumah tangga yang memerlukan air minum di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut.

"Semuanya akan disediakan dari SPAM ini dan airnya diambil dari Sungai Riam Kanan. Ditarik kira-kira 20 km, diolah di sini sampai bersih, baru disuplai ke rumah tangga," ujarnya dikutip dari siaran resmi, Sabtu (18/3/2023).

SPAM Regional Banjarbakula berada di Kecamatan Banjabaru Utara dengan luasan lahan sekitar 44.492 m2. Saat ini penyediaan air minum SPAM sudah dapat dimanfaatkan sebesar 750 liter/detik.

Pembangunan SPAM Regional Banjarbakula mulai dikerjakan pada 2013 melalui pembangunan intake Karang Intan dan Pipa Transmisi berkapasitas 1.200 liter/detik. Selanjutnya dibangun SPAM Regional Banjarbakula tahap I berkapasitas 250 liter/detik dengan bangunan reservoir berkapasitas 2.000 m3 selesai dibangun 2016.