Logo Bloomberg Technoz

Oscar 2024 Sedot 19,5 Juta Penonton, Tertinggi Sejak 2020

News
12 March 2024 09:20

Piala Oscar./dok. Bloomberg
Piala Oscar./dok. Bloomberg

Thomas Buckley - Bloomberg News

Bloomberg, Siaran Academy Awards atau Penghargaan Piala Oscar 2024, pada Minggu malam  (10/3/2024) waktu setempat, menarik pemirsa TV terbesar sejak 2020, didorong oleh film-film populer seperti Oppenheimer dan Barbie, serta penayangannya yang satu jam lebih awal.

Pertunjukan tersebut, yang disiarkan di jaringan ABC Walt Disney Co, menarik sebanyak 19,5 juta penonton, kata jaringan tersebut pada Senin, meningkat 4,3% dari ajang yang sama tahun lalu.

Acara ini merupakan penobatan sutradara Christopher Nolan selama dua dekade, yang karya Memento dan Dunkirk-nya mendapat pujian kritis dan dinominasikan untuk Oscar tetapi tidak pernah membawa pulang hadiah utama. Oppenheimer karya Nolan, sebuah film tentang bapak bom atom, memenangkan film terbaik, sutradara terbaik, dan aktor terbaik dengan total tujuh penghargaan.

Penonton siaran Academy Awards atau Penghargaan Oscar./dok. Bloomberg


Jumlah penonton Oscar telah menurun dalam beberapa tahun terakhir karena pemotongan kabel dan fokus pada upacara tersebut pada film-film kecil yang bernilai seni. Pertunjukan tahun lalu, di mana Everything Everywhere All at Once memenangkan film terbaik dan enam trofi lainnya, menarik 18,7 juta penonton.