Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Komunikasikan APBN 2025 ke Jokowi-Prabowo 

Dovana Hasiana
11 March 2024 14:15

Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku membuka komunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Calon Presiden Prabowo Subianto mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. 

Pembahasan mengenai APBN 2025 tersebut di antaranya mengenai siklus APBN dan proyeksi ke depan karena postur pendapatan dan pembiayaan negara Indonesia harus dijaga agar tetap kredibel dan berkelanjutan. 

“Ini [APBN] alat yang dipakai setiap pemerintahan, setiap tahun, menghadapi pandemi atau El Nino, inflasi. Jadi kita jaga ini, ya kita konsultasi,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya melalui Youtube Najwa Shihab, dikutip Senin (11/3/2024).

“Kita konsultasi dan siklus APBN kita jelaskan, saya sampaikan ke Pak Jokowi, saya bicara sama Pak Prabowo. Kalau nanti diumumkan memang, timnya siapa, bagaimana mengakomodasi,”

Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)

Menurut Sri Mulyani, upaya konsultasi dengan pemerintahan berikutnya merupakan tindakan profesional. Dalam kaitan itu, siklus politik dan sistem demokrasi di Indonesia menentukan calon pemimpin Indonesia pada 2024-2029, sementara dirinya sebagai menteri keuangan menjaga APBN dan tata kelola-nya.