Logo Bloomberg Technoz

Pulang dari G20, Sri Mulyani Beberkan 3 Isu Darurat Global

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 March 2024 17:20

Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)
Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) di bawah Presidensi G20 Brasil mengangkat 3 hal utama mengenai masalah seputar perekonomian global.

Ia menjelaskan, isu pertama yang menjadi pembahasan adalah mengenai kesetaraan, yakni upaya untuk mengatasi masalah masyarakat miskin terutama kelaparan.

“Karena Brazil juga merupakan lumbung pangan dunia, jadi ini merupakan satu area juga karena program-program perlindungan sosial dari Brasil,” ujar Sri Mulyani saat ditemui wartawan setelah menghadiri Mandiri Investment Forum 2024, di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2024).

Ia mengatakan, persoalan kedua yang menjadi pembicaraan dalam pertemuan tersebut adalah sistem keuangan yang berkelanjutan. Menurut dia, hal ini menjadi pembicaraan karena masalah perubahan iklim masih menjadi tantangan global.

Dalam hal ini, sistem keuangan yang berkelanjutan masih menjadi salah satu isu utama. Karena dalam pembiayaan aksi-aksi yang dapat mencegah perubahan iklim membutuhkan dana yang sangat besar dan menurutnya masih belum memadai.