Logo Bloomberg Technoz

10 Orang Meninggal Akibat Longsor dan Banjir di Sumbar

Pramesti Regita Cindy
09 March 2024 14:00

Ilustrasi banjir. (Istimewa)
Ilustrasi banjir. (Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebanyak 10 orang warga meninggal dunia akibat banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), pada Rabu (06/03/2023). Para korban ditemukan di tiga lokasi berbeda. 

"Terkait korban jiwa pagi ini, Sabtu (09/03/2024) cukup banyak penambahannya. Yang meninggal dunia dan berhasil ditemukan sudah ada 10 orang. Dua korban di temukan Nagari Langgai, Kecamatan Sutera, 7 korban berhasil ditemukan dan teridentifikasi di Kecamatan Koto XI Tarusan, dan 1 korban lainnya ditemukan di Kecamatan Lengayang," jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan Doni Yusrizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/3/2024). 

Selain itu, korban yang masih dalam pencarian juga mengalami penambahan. Sebanyak 8 orang dinyatakan hilang di Kecamatan Koto XI Tarusan, sedangkan dua lainnya berada di Kecamatan Sutera dan Kecamatan Lengayang.

Proses pencarian dan evakuasi korban masih terus dilakukan oleh tim gabungan, tetapi cuaca yang masih buruk dengan hujan yang terus mengguyur menjadi kendala utama. Hingga saat ini, sebanyak 46.000 warga terpaksa mengungsi, dengan pos pengungsian tersebar di hampir semua kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Cuaca hingga pagi ini masih hujan, kemudian masih ada beberapa akses yang memang terputus sehingga sulit untuk dilewati. Namun kita terus berusaha membuka akses untuk warga yang masih terisolir dengan menggunakan perahu," kata Doni.