Logo Bloomberg Technoz

BI & Bank Sentral India Kerja Sama Penggunaan Mata Uang Lokal

Azura Yumna Ramadani Purnama
08 March 2024 08:10

Bank Indonesia (Azura Yumna/Bloomberg Technoz)
Bank Indonesia (Azura Yumna/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah menyepakati kerja sama dengan Reserve Bank of India (RBI) guna mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral.

Asisten Gubernur, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, nota kesepahaman antar bank sentral telah ditandatangani pada 7 Maret 2024 di Mumbai India. Adapun, nota kesepahaman tersebut diteken oleh Gubernur RBI Sahktikanta Das dan Gubernur BI Perry Warjiyo.

“Kesepakatan NK antara Bank Indonesia dan Reserve Bank of India ditujukan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara (Rupee dan Rupiah) dalam transaksi bilateral,” kata Erwin dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (8/3/2024).

Ia menjelaskan, kesepakatan tersebut mencakup transaksi berjalan (current account), transaksi modal (capital account) yang diperbolehkan, serta transaksi ekonomi dan keuangan lainnya sesuai yang disepakati.

Adapun, salah satu kerangka yang disepakati dari kerja sama ini adalah memungkinkan eksportir dan importir bertransaksi dalam mata uang lokal, yang nantinya akan turut mendorong pengembangan pasar valuta asing kedua negara.