Logo Bloomberg Technoz

Pasar Obligasi Bersiap Lanjutkan Reli Harga, Ikuti Rebound Global

Tim Riset Bloomberg Technoz
07 March 2024 08:40

Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasar obligasi domestik bersiap menerima limpahan sentimen positif dari reli pasar surat utang global semalam pasca Gubernur Federal Reserve Jerome Powell di hadapan Kongres Amerika Serikat (AS) menyatakan penurunan bunga akan menjadi hal yang tepat dilakukan pada suatu waktu tahun ini.

Indeks harga obligasi di negara maju semalam ditutup menguat 0,44% terdorong reli harga Treasury, surat utang AS, yang terkikis imbal hasilnya ke 4,11% untuk tenor 10 tahun. Surat utang pemerintah Jerman, Bund, juga turun yield-nya untuk tenor 10 tahun ke 2,31%.

Sebelum reli pasar berlangsung semalam, pasar surat utang domestik sudah lebih mendahului kenaikan kemarin, Rabu (6/3/2024). Indeks ICBI ditutup menguat tipis 0,07%. INDOGB 2Y turun 6,5 bps ke 6,207%. Sedangkan INDOGB 10Y turun 1,2 bps ke 6,628%.

Meski masih mencatat posisi net sell di mana posisi asing di Surat Berharga Negara (SBN) semakin rendah di Rp835,24 triliun per 4 Maret lalu, terendah sejak awal Desember, pamor surat utang RI masih cemerlang di mata para pengelola dana global. 

Surat utang RI dinilai sebagai salah satu surat utang pilihan di Asia yang akan memberikan keuntungan terbaik ketika babak penurunan bunga global dimulai tahun ini.