Logo Bloomberg Technoz

Hitung Potensi Cuan Ganda Investasi Sukuk Ritel SR020

Tim Riset Bloomberg Technoz
05 March 2024 13:10

Sukuk Ritel SR020. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Sukuk Ritel SR020. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bila Anda telah melewatkan penawaran berinvestasi Obligasi Ritel seri ORI025 bulan lalu, masih ada peluang untuk berburu cuan.  Anda bisa mendapatkan cuan dari instrumen investasi dari surat utang pemerintah yang berpendapatan tetap (fixed income) terbaru yang sudah dibuka masa pemesanannya yakni Sukuk Ritel seri SR020.

Masa pemesanan seri Surat Berharga Negara (SBN) terbaru itu sudah dibuka sejak 1 Maret atau Jumat pekan lalu dan akan ditutup pada 27 Maret nanti. Dalam penjelasan resmi, Kementerian Keuangan mengumumkan, Sukuk Ritel SR020 ditawarkan dalam dua seri (tranches) yang dibedakan berdasarkan tenor atau lama jatuh tempo surat berharga. 

SR020-T3 akan jatuh tempo pada Maret 2027 (tiga tahun) menawarkan imbalan 6,3% per tahun. Sementara SR020-T5 memiliki imbalan 6,4% per tahun yang akan jatuh tempo pada Maret 2029 nanti.

Seorang investor bisa memulai investasi di instrumen ini dengan modal mulai Rp1 juta hingga Rp5 miliar untuk tenor pendek. Sedang untuk tenor lebih panjang, pembelian dibatasi mulai Rp1 juta hingga Rp10 miliar per investor.

Sukuk Ritel SR020. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Profil SR020 ini mirip dengan obligasi ritel di mana masa pegang (holding period) dibatasi hanya tiga kali masa pembayaran kupon. Setelah holding period berakhir, pemegang seri ini bisa melepasnya ke pasar sekunder dan berpeluang mengantongi capital gain dari kenaikan harga surat berharga. Atau, bisa juga memilih memegangnya sampai jatuh tempo (hold to maturity) dan menikmati imbalan tetap setiap bulan selama tenor.