Logo Bloomberg Technoz

Houthi Klaim Serang Kapal Kontainer MSC, Picu Kebakaran

News
05 March 2024 08:40

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Alex Longley, Mohammed Hatem, dan Louise Moon - Bloomberg News

Bloomberg, Pemberontak Houthi di Yaman mengklaim telah melakukan serangan terhadap sebuah kapal kontainer ketika para awaknya berjuang memadamkan api setelah sebuah ledakan.

Angkatan Laut Inggris mengatakan dalam sebuah update bahwa kapal tersebut berada sekitar 91 mil di sebelah tenggara kota Aden ketika ledakan terjadi. Ledakan tersebut terjadi setelah ledakan sebelumnya di dekat kapal yang sama, kata mereka, dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Juru bicara kelompok pemberontak Houthi Yaman kemudian mengatakan bahwa mereka menyerang MSC Sky II. MSC Mediterranean Shipping Co, yang mengelola kapal tersebut, menolak berkomentar.

Sebelumnya, perusahaan keamanan Ambrey Analytics mengatakan bahwa sebuah kapal kontainer berbendera Liberia telah diserang. Hal itu sesuai dengan deskripsi MSC Sky II, seperti halnya lokasi yang diberikan oleh Angkatan Laut Inggris. Ledakan tersebut merusak sebuah blok akomodasi dan juga satu bagian lain dari kapal tersebut, kata Ambrey, dan menambahkan bahwa upaya pemadaman kebakaran sedang berlangsung.