Logo Bloomberg Technoz

Bostic: The Fed Hanya 1 Kali Turunkan Suku Bunga di Kuartal Ke-3

News
05 March 2024 07:50

Presiden Federal Reserve Bank Atlanta Raphael Bostic (Sumber: Bloomberg)
Presiden Federal Reserve Bank Atlanta Raphael Bostic (Sumber: Bloomberg)

Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve (The Fed) Bank of Atlanta Raphael Bostic mengatakan dia memperkirakan penurunan suku bunga pertama The Fed, yang telah dia rencanakan untuk kuartal ketiga, akan diikuti oleh jeda pada pertemuan berikutnya untuk menilai bagaimana perubahan kebijakan tersebut memengaruhi ekonomi.

Bostic, dalam sebuah komentar terpisah yang dipublikasikan di situs web Fed Atlanta pada Senin, mengatakan ia khawatir bahwa bisnis memiliki terlalu banyak kegembiraan dan dapat melepaskan ledakan permintaan baru setelah penurunan suku bunga yang menambah tekanan harga. Hal ini dapat menjadi alasan lain untuk tidak menurunkan suku bunga secara terburu-buru, katanya kepada para wartawan dalam sebuah konferensi pers.

"Saya mungkin tidak akan mengantisipasi bahwa mereka akan melakukan pemotongan suku bunga secara beruntun," ujar Bostic. "Mengingat ketidakpastian yang ada, saya pikir ada beberapa daya tarik untuk bertindak dan kemudian melihat bagaimana para pelaku pasar, pemimpin bisnis, dan keluarga menanggapi hal tersebut."

Komentar Bostic muncul sebelum kesaksian kebijakan moneter Gubernur Fed Jerome Powell kepada Kongres pada Rabu dan Kamis. Gubernur Fed diperkirakan akan mengulangi pesan komite kebijakan bahwa tidak perlu terburu-buru untuk menurunkan suku bunga.