Logo Bloomberg Technoz

OJK Rilis Panduan Perbankan Dukung Net Zero Emission

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 March 2024 16:10

Suasana pelayanan kontak 157 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana pelayanan kontak 157 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan panduan analisis skenario dan manajemen risiko perubahan iklim atau Climate Risk Management and Scenario Analysis (CRMS) bagi perbankan. Ini merupakan upaya mewujudkan pengembangan keuangan berkelanjutan demi mencapai target net zero emissions (NZE) 2060. 

Dalam kesempatan yang sama, sebanyak 7 bank menandatangani komitmen inisiatif ESG untuk mendukung pencapaian target NZE Indonesia.

“Kami menerbitkan empat produk dan satu produk internal dalam OJK Road to Net Zero Emission ini karena sebagai organisasi harus memiliki langkah komitmen dan strategi kegiatan yang dilakukan dalam memenuhi Net Zero Emission itu,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menambahkan, CRMS merupakan bagian dari rangkaian kebijakan OJK dalam mendukung keuangan berkelanjutan.

“Panduan CRMS diharapkan dapat menjadi bridging policy sebelum berlakunya standar internasional terkait management and supervision of climate-related financial risks. Dalam penerapannya, panduan ini juga tidak dapat berdiri sendiri dan erat kaitannya dalam mendukung implementasi kebijakan keuangan berkelanjutan OJK saat ini dan ke depan,” kata Dian.