Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Turki Mendekati 70% dengan Tingkat Suku Bunga di Puncak

News
04 March 2024 12:50

Pasar di Turki. (Dok: Bloomberg)
Pasar di Turki. (Dok: Bloomberg)

Baris Balci - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi tahunan Turki mungkin berayun ke level tertinggi dalam 15 bulan. Akselerasi ini diawasi dengan ketat oleh bank sentral yang masih dalam keadaan waspada setelah mengakhiri kenaikan suku bunga.

Kenaikan upah minimum yang tajam tahun ini dikombinasikan dengan harga-harga makanan yang lebih tinggi untuk meningkatkan tekanan biaya bagi ekonomi yang telah lama dilanda inflasi. Meskipun lira lebih stabil, Turki berada di jalur yang tepat untuk mengakhiri tahun 2024 dengan tingkat inflasi tercepat kelima di dunia, menurut Dana Moneter Internasional (IMF), sebuah prospek yang mengasumsikan perlambatan akan terjadi mulai pertengahan tahun.

Dengan bank sentral mengadopsi pendekatan wait and see untuk saat ini, data yang akan dirilis pada Senin akan menunjukkan kenaikan harga meningkat selama empat bulan berturut-turut dan mencapai 66% di Februari, menurut estimasi rata-rata ekonom dalam survei Bloomberg. Bank sentral memperkirakan inflasi akan mencapai 36% di akhir tahun ini.

Inflasi Turki (Dok: Bloomberg)

Namun, perhatian para pembuat kebijakan lebih terfokus pada inflasi bulanan, yang mengawali tahun ini dengan kenaikan tajam akibat kenaikan upah dan pajak. Indeks ini diperkirakan akan turun kembali di Februari menjadi 4% dari 6,7% di Januari, meskipun masih jauh di atas level di kuartal keempat.