Logo Bloomberg Technoz

AS & Korsel Mulai Latihan Militer, Bisa Picu Murka Kim Jong Un

News
04 March 2024 11:10

Ilustrasi kekuatan militer (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi kekuatan militer (Bloomberg Technoz)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat dan Korea Selatan memulai salah satu latihan militer gabungan tahunan terbesar mereka. Langkah ini pasti akan meningkatkan emosi Korea Utara, yang memulai tahun ini dengan mengancam akan menghancurkan tetangganya di selatan.

Menurut Pasukan AS di Korea Selatan, latihan Perisai Kebebasan yang berlangsung dari 4-14 Maret ini mencakup pelatihan di darat, laut, dan udara dengan penekanan pada penanggulangan operasi nuklir.

Latihan ini juga merupakan latihan gabungan berskala besar pertama sejak ketegangan politik menyebabkan kedua Korea membatalkan perjanjian tahun 2018 yang dirancang untuk mengurangi ketegangan di perbatasan mereka yang bersenjata lengkap.

Howitzer self-propelled K9A1 Korsel dipamerkan saat pameran Dirgantara dan Pertahanan di Seoul, Seongnam, Senin (16/10/2023) (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Yonhap News dan media Korea Selatan lainnya melaporkan, AS mungkin akan mengirimkan kelompok kapal induk dan pesawat pengebom strategis untuk ambil bagian dalam latihan tersebut. Rezim Kim Jong Un telah bertahun-tahun menentang pengerahan aset-aset AS yang mampu melakukan serangan nuklir ke wilayah tersebut, dan pada Oktober, Pyongyang mengancam akan menggunakan senjata terkuatnya ketika AS mengirimkan kelompok kapal induk ke Korea Selatan.