Logo Bloomberg Technoz

China Diperkirakan Bidik Pertumbuhan PDB Sekitar 5% di 2024

News
04 March 2024 08:50

Ekonomi riteldi China./Bloomberg-Chan Long Hei
Ekonomi riteldi China./Bloomberg-Chan Long Hei

Zheping Huang dan Cynthia Li - Bloomberg News

Bloomberg, China diperkirakan akan menetapkan tingkat pertumbuhan tahunannya untuk tahun 2024 pada "sekitar 5%" ketika legislatif nasional bertemu minggu ini. Angka ini merupakan target yang cukup ambisius untuk pemerintah yang sedang bergulat dengan tantangan ekonomi yang berat.

Hampir semua dari 27 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg mengenai sesi Kongres Rakyat Nasional tahunan mendatang memperkirakan Beijing akan mengumumkan target pertumbuhan yang mirip dengan target pertumbuhan tahun 2023, meskipun target tersebut akan lebih sulit dicapai mengingat basis perbandingan yang lebih tinggi. Para ekonom yang disurvei dalam survei terpisah yang lebih luas memperkirakan ekonomi akan tumbuh sekitar 4,6% pada tahun 2024.

Perdana Menteri Li Qiang dijadwalkan untuk menyampaikan laporan kerja pemerintah pertamanya pada Selasa, menguraikan target-target ekonomi utama untuk langkah-langkah termasuk pertumbuhan produk domestik bruto dan defisit fiskal. Target-target ini dapat menjadi pendahulu bagi kebijakan-kebijakan Beijing yang lebih luas untuk tahun ini karena mereka berusaha untuk menahan erosi kepercayaan.

Para pejabat tinggi telah mengisyaratkan bahwa mereka kemungkinan tidak akan mengandalkan stimulus besar-besaran karena kekhawatiran akan risiko sistemik, dan akan ada perbandingan yang lebih ketat tahun ini karena pertumbuhan tahun 2023 diuntungkan oleh pembukaan kembali pascapandemi.