Logo Bloomberg Technoz

Isu Gabung Golkar, PDIP Sebut Jokowi Belum Kembalikan KTA

Muhammad Fikri
29 February 2024 16:00

Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani, Presiden Joko Widodo menghadiri Peringatan Puncak Bulan Bung Karno (BBK) PDIP di GBK (DOK. PDIP)
Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani, Presiden Joko Widodo menghadiri Peringatan Puncak Bulan Bung Karno (BBK) PDIP di GBK (DOK. PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Cyril Raoul Hakim adan Chico Hakim mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum mengembalikan kartu tanda anggota (KTA). Hal ini disampaikan untuk menanggapi isu bergabungnya Jokowi dan putera sulungnya ke Partai Golkar.

"Terkait dengan status Pak Jokowi dan Gibran sampai hari ini belum ada pengembalian kartu tanda anggota ke PDI Perjuangan," kata Chico saat dihubungi oleh Bloomberg Technoz, Kamis (29/2/2024)

Selain itu, menurut dia, pengurus partai berlambang kepala banteng tersebut juga belum ada rencana pertemuan internal untuk membahas status keanggotaan Jokowi dan Gibran. Hal ini mempertegas belum adanya rencana PDIP memecat atau mengeluarkan keduanya usai Pemilu 2024.

Hubungan Jokowi dan PDIP memang mulai renggang menjelang kontestasi politik pemilihan presiden dan wakil presiden. PDIP bahkan kemudian tak lagi melibatkan Jokowi usai dianggap sengaja membiarkan Gibran menjadi cawapres melalui putusan pasal batas usia UU Pemilu di Mahkamah Konstitusi.

Selama masa kampanye, Jokowi juga terus memberikan dukungan dan bantuan kepada pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran untuk memenangkan Pemilu 2024 dalam satu putaran. Berdasarkan data sementara real count KPU, Prabowo-Gibran memang menang telak terhadap paslon 03 yang menjadi jagoan PDIP yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istri berkunjung ke kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Kamis (27/4/2023). (Dok. DPP PDIP)