Logo Bloomberg Technoz

Jelang Lebaran 2024, Penjualan Baju Muslim Melesat 37%

Dinda Decembria
29 February 2024 13:10

Pembeli memilih baju di toko pakaian di dalam pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat,Rabu (30/3/2022). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Pembeli memilih baju di toko pakaian di dalam pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat,Rabu (30/3/2022). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menjelang Lebaran 2024, animo belanja masyarakat semakin meningkat. Masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan bulan suci ini.

Berdasarkan data yang dinformasikan oleh Tokopedia dari 14-20 Februari 2024, dari penjualan pada aplikasi TikTok, kategori produk seperti kecantikan dan perawatan tubuh, alat tumah tangga, elektronik, dan fesyen menjadi yang paling diminati masyarakat menjelang Ramadan 2024.

Untuk kategori fesyen meningkat 37% terutama barang-barang seperti mukena, gamis, baju koko dan kemeja. Produk perawatan tubuh dan kecantikan juga meningkat 10% terutama pembelian serum dan lotion.

Tak hanya itu, barang-barang kebutuhan di rumah tangga juga meningkat 17%, seperti penjualan alat masak. Dan elektronik meningkat 20%.

Paling Laris Jelang Ramadan 2024 di Tokopedia berdasarkan kategori produk:

  • Makanan dan Minuman : buah, telur, seafood.
  • Kecantikan dan Perawatan Tubuh : masker kecantikan, alat make up, parfum.
  • Otomotif : motor, mobil, ban mobil; rata-rata kenaikan penjualan lebih dari dua kali.
  • Rumah Tangga : alat pertukangan, alat masak, alat makan; rata-rata peningkatan transaksi hampir 3 kali.
  • Fesyen : gamis, baju muslim keluarga, baju koko; rata-rata kenaikan penjualan hampir 4 kali.

TikTok dan Tokopedia juga mengatakan akan memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha lokal khususnya UMKM untuk meningkatkan penjualan menjelang Ramadan. Dengan mengadakan kampanye 'Ramadan Ekstra Seru'.