Logo Bloomberg Technoz

Harga Deal, ESDM Minta Hilirisasi Vale Dilanjutkan Usai Divestasi

Sultan Ibnu Affan
23 February 2024 16:00

Logo Vale./Bloomberg-Cole Burston
Logo Vale./Bloomberg-Cole Burston

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) sudah sepakat soal harga 14% atau sekitar 1,3 miliar saham akan diakuisisi dari PT Vale Indonesia Tbk kepada PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

"Setahu saya sudah, pokoknya sudah deal ya," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana saat ditemui di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Terkait dengan  harga, Dadan hanya mengatakan bahwa hal itu sebelumnya telah dibocorkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif pada pekan lalu, yaitu sekitar Rp3.000-an per lembar saham.

Selepas penandatangan kesepakatan divestasi tersebut, Dadan berharap pemerintah melalui holding badan usaha milik negara (BUMN) sektor pertamabangan dapat memastikan kelanjutan hilirisasi yang telah dipetakan oleh Vale Indonesia.

"MIND ID atau siapapun nanti yang ditunjuk, bisa berjalan di sana, kita bisa memastikan rencana-rencana yang ada di Vale itu bisa terus kita jaga untuk hilirisasinya," ujar dia.