Logo Bloomberg Technoz

Sejarah Masuknya Vale ke RI hingga Lepas 34% Saham ke MIND ID

Sultan Ibnu Affan
23 February 2024 10:50

Vale Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Vale Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proses negosiasi divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) kepada PT Mineral Industri Industri Indonesia (MIND ID) saat ini telah memasuki babak akhir, setelah rentetan lobi-lobi harga yang berlangsung alot sejak tahun lalu.

Vale, dengan demikian, bakal melepas 14% sahamnya ke MIND ID. Sebaliknya, holding BUMN pertambangan RI itu bakal mengantongi total 34% saham INCO setelah sebelumnya menjadi pemegang 20% porsi saham.

Rencananya, penandatangan kesepatakan akuisisi tambahan 14% saham INCO oleh MIND ID itu bakal dilakukan pada Senin (26/2/2024) oleh pihak pemerintah dan Vale Indonesia.

Divestasi tersebut akan menandai babak baru bisnis Vale, setelah sekitar 56 tahun beroperasi di Tanah Air. Lantas, bagaimana sejarah Vale Indonesia?

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Untuk diketahui, Vale merupakan perusahaan yang bergerak di industri pertambangan, lebih tepatnya pada pengolahan nikel yang terintegrasi. Perusahaan ini merupakan bagian dari Vale SA, perusahaan multinasional yang berasal dari Brasil.