Logo Bloomberg Technoz

Senin Ketok Palu Divestasi INCO, Ini 3 Proyek Vale di Indonesia

Sultan Ibnu Affan
23 February 2024 11:50

Ruang kendali Pembangkit Listrik Tenaga Air Balambano, PT Vale Indonesia di Sorowako, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/6/2022). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ruang kendali Pembangkit Listrik Tenaga Air Balambano, PT Vale Indonesia di Sorowako, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/6/2022). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Divestasi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) kepada PT Mineral Industri Industri Indonesia (MIND ID) saat ini telah memasuki babak akhir. Penandatangan kesepatakan itu dikabarkan bakal dilakukan Senin (26/2/2024) oleh kedua pihak.

Menjelang finalisasi divestasi tersebu, Vale Indonesia belakangan ini juga terpantau fokus menggarap proyek-proyek smelter nikelnya di Tanah Air, sejalan dengan program hilirisasi pemerintah.

Lantas, apa saja proyek-proyek Vale di Indonesia?

Pada tahun lalu, Vale Indonesia setidaknya telah mengumumkan terdapat tiga proyek smelter nikel yang sedang dan akan dituntaskan oleh perseroan. Total investasi dari ketiga proyek itu pun mencapai US$9 miliar atau setara dengan Rp140,2 triliun (kurs saat ini).

Pertama, yakni pembangunan pabrik pengolahan dan peleburan baru yang berteknologi hidrometalurgi atau berbasis high pressure acid leaching (HPAL), yang akan menghasilkan mixed hydroxide precipitate (MHP) yang menjadi bahan baku untuk baterai kendaraan listrik.

Smelter nikel Vale./Bloomberg- Cole Burston