Logo Bloomberg Technoz

Tugas Berat Menanti MIND ID Setelah ‘Nasionalisasi’ Saham Vale

Sultan Ibnu Affan
22 February 2024 10:50

Bendera Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle
Bendera Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah didesak untuk tidak lengah dalam mempertahankan keberlanjutan operasional pertambangan PT Vale Indonesia Tbk, setelah menuntaskan proses divestasi saham INCO yang akan membawa PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) sebagai pemegang saham mayoritas.

Sekretaris Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Resvani mengatakan operasional tambang tersebut juga mencakup aspek pemanfaatan budaya tata kelola yang baik hingga sistem transparansi yang diterapkan anak usaha Vale Canada Limited (VCL) itu.

Resvani menilai, selama puluhan tahun beroperasi, Vale Indonesia telah melaksanakan standar operasional prosedur (SOP) pertambangan yang tinggi dan tata kelola yang baik.

"Itu harus dipertahankan. [...] BUMN kita [MIND ID] harus bisa minimal mengikuti atau menyamai, mengimbangi, bahkan lebih meningkatkan lagi sistem operasional GMP [good mining practice] yang dilakukan di sana," ujarnya saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (22/2/2024).

Ruang kendali Pembangkit Listrik Tenaga Air Balambano, PT Vale Indonesia di Sorowako, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/6/2022). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Amankan Posisi Strategis