Logo Bloomberg Technoz

Caplok 14% Saham Vale, MIND ID Mesti Siap Dana Minimal Rp4,17 T

Sultan Ibnu Affan
21 February 2024 11:00

Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle
Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bola panas negosiasi harga 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) yang harus didivestasikan kepada holding BUMN sektor pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), hampir mencapai kesepakatan final.

Hal itu dimungkinkan usai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan kedua belah pihak telah merampungkan proses panjang negosiasi harga tersebut, dan rencananya bakal dilegalisasi dalam beberapa hari ke depan.

Dia juga mengonfirmasi kabar bahwa harga per lembar saham INCO yang dilepas ke MIND ID disepakati di angka sekitar Rp3.000-an —lebih sedikit— dan sudah mencakup diskon dari valuasi harga pasar saham perusahaan berkode INCO itu.

Adapun pada penutupan perdagangan Selasa (20/2/2024), harga saham perusahaan berkode INCO di Bursa Efek Indonesia (BEI) tercatat di Rp3.780/lembar.

“[Penyelesaian transaksinya] sudah kok, tinggal menyelesaikan saja beberapa hari ini. Ya pokoknya begitu sudah administrasi selesai, sudah langsung eksekusi,” tegas Arifin, akhir pekan lalu.

78th Mining and Energy Anniversary, MIND ID./dok. MIND ID