Logo Bloomberg Technoz

RI Ingin Bentuk Aliansi Nikel Global, Filipina Resisten

News
15 March 2023 13:33

Ilustrasi Nikel (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Nikel (Sumber: Bloomberg)

Manolo Serapio Jr. and Ditas Lopez – Bloomberg News

Bloomberg, Rencana salah satu penambang nikel terkemuka Indonesia untuk membentuk organisasi aliansi sejenis OPEC guna mengoordinasikan pasokan  global rupanya tidak disambut baik oleh Filipina; produsen nomor nikel dua dunia.

Filipina tercatat menambang sepersepuluh dari nikel dunia pada 2022, menurut Survei Geologi AS, dan mengekspor mayoritas bijih nikel mereka ke China. Capaian itu jauh di belakang Indonesia, yang menyumbang hampir setengah dari produksi global, dan melontarkan ide aliansi produsen akhir tahun lalu.

“Jika harga bahan baku naik, hal itu akan memengaruhi harga produk jadi, yang kami impor, dan itu akan sangat merugikan kami,” kata Dante Bravo, presiden Asosiasi Industri Nikel Filipina, dalam sebuah wawancara. "Saya bukan orang yang percaya pada pasar yang dikendalikan."

Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia mengatakan bulan lalu bahwa dia berencana untuk melakukan perjalanan ke produsen nikel utama termasuk Australia, Brasil, dan Filipina guna mempromosikan rencana pembentukan aliansi tersebut.