Logo Bloomberg Technoz

Beragam Upaya China Selamatkan Pasar Sahamnya yang Terpukul

News
21 February 2024 17:50

Bursa asia (Dok Bloomberg)
Bursa asia (Dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham China telah berjuang untuk mendapatkan daya tarik sejak kembali dari liburan Tahun Baru Imlek, menambah tekanan pada Beijing untuk memberikan lebih banyak dukungan dan memulihkan kepercayaan pada ekonomi yang sedang bergulat dengan kemerosotan properti dan deflasi.

Indeks CSI 300 yang menjadi patokan negara ini tidak banyak bergerak pada perdagangan minggu ini meskipun ada langkah-langkah yang memotivasi pembelian saham oleh dana-dana negara, dan juga penurunan suku bunga acuan hipotek untuk membantu pasar perumahan. Optimisme telah berkurang sejak reli di pasar sebelum liburan selama seminggu, ketika para investor mendukung langkah untuk mengganti regulator pasar dan memperkenalkan pembatasan perdagangan yang lebih luas.

Para pemimpin China sedang mencari cara untuk meredam kejatuhan saham senilai US$7 triliun yang berisiko memicu ketidakstabilan finansial dan sosial. Mereka juga mencoba menyuntikkan momentum ke dalam ekonomi yang lebih luas, yang sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan investor.

China's mortgage rate. (Dok: Bloomberg)

Berikut ini adalah daftar langkah-langkah yang telah diumumkan atau dilaporkan sejak awal tahun.