Logo Bloomberg Technoz

20 Februari
Pemangkasan Suku Bunga Pinjaman Utama

Bank-bank China memangkas suku bunga dasar pinjaman lima tahun, suku bunga acuan utama untuk KPR, sebesar 25 basis poin. Penurunan yang lebih besar dari perkiraan--yang menurunkan biaya menjadi 3,95%--adalah yang pertama sejak Juni.

Hal ini akan memungkinkan lebih banyak tempat di seluruh negeri, termasuk kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai, untuk menurunkan suku bunga KPR minimum untuk pembeli rumah dengan tujuan untuk merangsang permintaan perumahan yang lesu.

Chinese banks cut key mortgage reference rate. (Dok: Bloomberg)

19 Februari
Pembelian 'Tim Nasional' Terus Berlanjut

Beberapa reksa dana yang diperdagangkan di bursa di China yang melacak saham-saham di negara ini mengalami lonjakan omzet pada hari perdagangan pertama setelah liburan, sebuah pertanda bahwa dana-dana yang didukung negara terus mendukung pasar. Apa yang disebut sebagai tim nasional membantu kenaikan CSI 300 pada perdagangan sore hari setelah berjuang untuk mempertahankan kenaikan hampir sepanjang hari.

China rebound stalls despite support. (Dok: Bloomberg)

18 Februari
Panggilan Tahun Baru Perdana Menteri

Perdana Menteri China Li Qiang menyerukan tindakan "pragmatis dan tegas" untuk meningkatkan kepercayaan diri bangsa dalam perekonomian. Para pejabat harus fokus pada penyelesaian masalah-masalah praktis yang dihadapi oleh individu dan perusahaan menjelang liburan, kata Li, dan menambahkan bahwa mereka harus "memenangkan kepercayaan rakyat dengan kerja nyata dan prestasi."

7 Februari
Regulator Sekuritas Teratas Diganti

Dalam sebuah langkah mengejutkan setelah pasar ditutup pada hari itu, Beijing mengganti kepala regulator sekuritasnya. Wu Qing, seorang veteran perbankan dan regulasi yang mendapat reputasi sebagai "tukang jagal pialang" ketika ia memimpin sebuah tindakan keras terhadap para pedagang di pertengahan tahun 2000-an, menggantikan Yi Huiman sebagai ketua dan kepala partai Komisi Regulasi Sekuritas China, menurut kantor berita resmi Xinhua.

6 Februari
Dukungan Pendanaan untuk Pengembang

Regulator keuangan China menyerukan implementasi lebih lanjut dan cepat dari mekanisme koordinasi pembiayaan untuk mendukung para pengembang dalam sebuah pertemuan, menurut sebuah pernyataan.

Regulator Berencana Memberikan Pengarahan kepada Xi

Bloomberg News melaporkan, regulator berencana untuk memberikan pengarahan kepada Presiden Xi Jinping mengenai pasar secepatnya pada Selasa. Meskipun belum jelas apakah akan ada langkah-langkah dukungan baru yang dihasilkan dari pertemuan Xi, para pedagang berharap pertemuan kali ini akan berbeda.

Dana Kekayaan Negara Menjanjikan Dukungan

Central Huijin Investment Ltd, unit yang memegang saham pemerintah China di lembaga-lembaga keuangan besar, mengatakan akan membeli lebih banyak reksa dana yang diperdagangkan di bursa. Regulator sekuritas berjanji dalam sebuah komentar lanjutan untuk mempertahankan operasi pasar yang stabil, dan menambahkan bahwa pihak berwenang akan terus memandu berbagai investor institusi dan dana untuk memasuki pasar dengan upaya yang lebih besar.

Dukungan Merger & Akuisisi dan Restrukturisasi

Komisi Regulasi Sekuritas China mengatakan dalam sebuah pernyataan, China akan sangat mendukung perusahaan-perusahaan yang terdaftar untuk meningkatkan nilai investasi mereka melalui merger, akuisisi, dan restrukturisasi.

'Tim Nasional' Membeli Saham

Tim nasional telah membeli sekitar 70 miliar yuan (US$9,7 miliar) saham-saham di daratan China dalam sebulan terakhir, menurut perkiraan Goldman Sachs, dan menambahkan bahwa 200 miliar yuan atau ~0,8% dari kapitalisasi pasar free float diperlukan untuk menstabilkan pasar.

Tim nasional mengacu pada sekelompok dana negara China yang ditugaskan untuk mendukung pasar. Sementara itu, para investor luar negeri, yang mungkin termasuk proksi luar negeri untuk dana negara tersebut, membeli 1,7 miliar yuan saham-saham daratan melalui hubungan perdagangan dengan Hong Kong pada Rabu, menandai sesi ketujuh arus masuk secara berturut-turut.

CSI 300's rebound (Dok: Bloomberg)

Membatasi Penjualan

China memperketat pembatasan perdagangan pada investor institusi domestik serta beberapa unit lepas pantai karena pihak berwenang berjuang untuk membendung kejatuhan saham yang semakin dalam, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Para pejabat minggu ini memberlakukan batasan pada total swap pengembalian lintas batas beberapa pialang dengan klien, membatasi saluran yang dapat digunakan oleh para investor yang berbasis di China untuk menjual saham-saham Hong Kong, kata orang-orang yang tidak ingin disebutkan namanya karena membahas masalah pribadi. Pada saat yang sama, beberapa pialang China yang menggunakan saluran tersebut untuk membeli saham-saham daratan untuk unit-unit luar negeri mereka diberitahu untuk tidak mengurangi posisi mereka, kata orang-orang tersebut.

5 Februari
Stimulus Moneter

Beijing menambahkan sekitar 1 triliun yuan ke dalam pasar pada Senin dengan pemangkasan rasio GWM bank yang telah diumumkan sebelumnya mulai berlaku. Hal ini telah membantu menjaga uang tunai tetap cukup, dengan pasar uang yang menunjukkan sedikit tanda-tanda stres.

Funding costs (Dok: Bloomberg)

Regulator Mengunjungi Perusahaan-perusahaan Tercatat

Para pejabat regulator China mengunjungi perusahaan-perusahaan yang terdaftar di 20 provinsi dan kotamadya dari 29 Januari-4 Februari, menurut sebuah pernyataan dari Komisi Regulasi Sekuritas China. Regulator mempercepat proses mereka untuk menyelesaikan isu-isu yang diajukan oleh perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam kebijakan perpajakan, pembiayaan, tanah, impor dan ekspor, serta perlindungan hak kekayaan intelektual.

Bantuan untuk Pembangun Rumah

Para pengembang properti Tiongkok yang kekurangan dana mengatakan bahwa sejumlah proyek perumahan mereka telah terdaftar sebagai proyek yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pendanaan di bawah program terbaru untuk mendukung sektor yang sedang sakit ini. Kesibukan ini terjadi hanya tiga minggu setelah Beijing mendesak pemerintah lokal untuk menyusun daftar proyek yang memenuhi syarat untuk didanai.

Para pembuat kebijakan menginginkan bank-bank yang menghindari risiko untuk meningkatkan pinjaman ke sektor real estat, yang melihat pertumbuhan kredit melambat ke level terlemah dalam lebih dari satu tahun pada kuartal terakhir, merusak kemampuan pengembang untuk menyelesaikan rumah.

Janji untuk Mengatasi Risiko Margin Call

Para pedagang saham China sedang melepas utang margin mereka dengan cepat, menggarisbawahi bagaimana aksi jual yang berkepanjangan dapat menyebabkan beberapa likuidasi saham secara paksa. Sebagai tanggapan, regulator sekuritas mengatakan bahwa mereka akan memandu para pialang untuk menyesuaikan tingkat margin call mereka dan mempertahankan jalur likuidasi yang "fleksibel" dalam upaya mengurangi tekanan dari penjualan paksa atas saham yang dijaminkan.

4 Februari
Regulator Berjanji untuk Mencegah 'Fluktuasi Tidak Normal'

Komisi Regulator Sekuritas China berjanji untuk mencegah fluktuasi yang tidak normal, dengan mengatakan bahwa mereka akan mengarahkan lebih banyak dana jangka menengah dan jangka panjang ke dalam pasar dan menindak aktivitas ilegal termasuk short selling yang berbahaya dan perdagangan orang dalam.

1 Februari
PBOC Mendukung Perumahan dan Infrastruktur

People's Bank of China merilis data yang menunjukkan bahwa mereka menyediakan dana murah senilai 150 miliar yuan untuk pinjaman pada proyek-proyek perumahan dan infrastruktur di bulan sebelumnya, meningkatkan dukungan pada perekonomian.

Pembelian Kembali Saham

Perusahaan-perusahaan yang terdaftar di China daratan dan Hong Kong masing-masing menghabiskan 14 miliar yuan dan HK$21 miliar (US$2,6 miliar) untuk membeli kembali saham bulan lalu, masing-masing menandai rekor sejak tahun 2021 ketika Bloomberg mulai mengumpulkan data.

China share buybacks. (Dok: Bloomberg)

28 Januari
Pembatasan Pinjaman Sekuritas

Regulator sekuritas mengatakan mereka akan menghentikan pinjaman saham tertentu untuk short selling, upaya terbaru untuk mengatasi kejatuhan pasar saham. Para investor strategis, yang biasanya mengacu pada pemegang saham yang dibatasi, tidak akan diizinkan untuk meminjamkan saham selama periode penguncian yang telah disepakati.

27 Januari

Pelonggaran Real Estat

Guangzhou, salah satu kota terbesar di China, melonggarkan pembatasan pembelian rumah sebagai upaya untuk membendung penurunan harga. Beijing, Shanghai, dan Shenzhen telah menurunkan persyaratan uang muka sejak November.

26 Januari
Bantuan untuk Pengembang

Kementerian Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Pedesaan mengatakan bahwa mereka akan memberikan daftar proyek perumahan yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan pendanaan pada akhir bulan ini, sebuah usaha terbaru untuk mendorong pinjaman untuk real estat untuk memperlambat kemerosotan sektor ini.

Pada hari yang sama, Administrasi Regulasi Keuangan Nasional mendesak bank-bank untuk mendukung permintaan dari para pengembang yang memenuhi syarat, termasuk memperpanjang pinjaman yang sudah ada dan menyesuaikan pengaturan pembayaran.

24 Januari
Pemangkasan RRR, Pinjaman Properti, dan Lainnya

Gubernur People's Bank of China Pan Gongsheng mengatakan bahwa bank sentral akan menurunkan rasio persyaratan cadangan--jumlah uang tunai yang harus disimpan oleh pemberi pinjaman--sebesar 0,5 poin persentase pada 5 Februari untuk melepaskan 1 triliun yuan likuiditas jangka panjang ke pasar. Pengumuman tersebut, yang muncul setelah data resmi menunjukkan bahwa ekonomi negara itu masih bergulat dengan tantangan besar, menandai penurunan RRR terbesar sejak 2021.

Beberapa jam kemudian, regulator meluncurkan lebih banyak langkah, termasuk memperluas penggunaan pinjaman properti komersial bagi pengembang untuk membantu mereka melunasi utang lainnya.

Pada hari yang sama, pihak berwenang di China dan Hong Kong mengumumkan langkah-langkah untuk memperdalam hubungan keuangan, termasuk memfasilitasi pembelian real estat dan memperluas program yang memungkinkan investasi pribadi di Greater Bay Area, sebuah wilayah berpenduduk 70 juta jiwa yang mencakup Hong Kong dan kota-kota besar di daratan Tiongkok bagian selatan, seperti Shenzhen dan Guangzhou.

23 Januari
Paket Penyelamatan Saham

Para pembuat kebijakan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan sekitar 2 triliun yuan, terutama dari rekening-rekening luar negeri perusahaan-perusahaan milik negara China, sebagai bagian dari dana stabilisasi untuk membeli saham-saham di dalam negeri melalui jalur bursa Hong Kong, Bloomberg melaporkan. Mereka juga telah mengalokasikan setidaknya 300 miliar yuan dana lokal untuk berinvestasi di saham-saham di dalam negeri melalui China Securities Finance Corp atau Central Huijin Investment Ltd.

Sehari sebelumnya, Perdana Menteri Li Qiang meminta pihak berwenang untuk mengambil langkah-langkah yang lebih "tegas" untuk menstabilkan pasar saham dan kepercayaan investor. Permintaannya muncul setelah Indeks CSI 300 menyentuh level terendah dalam lima tahun terakhir.

19 Januari
Tanda-tanda Pembelian Negara

Perputaran agregat di beberapa reksa dana yang diperdagangkan di bursa--yang biasanya diawasi untuk melihat tanda-tanda pembelian yang dipimpin oleh pemerintah--mencapai total mingguan terbesar ketiga yang pernah ada. Ini adalah yang terbesar sejak Juli 2015, ketika tim nasional mencoba mengimbangi momentum penjualan di tengah-tengah pecahnya gelembung epik.

Activity in state funds' (Dok: Bloomberg)

16 Januari
Obligasi Khusus

China sedang mempertimbangkan penerbitan utang baru senilai 1 triliun yuan di bawah apa yang disebut sebagai rencana obligasi negara khusus, Bloomberg News melaporkan. Proposal yang didiskusikan oleh para pembuat kebijakan senior ini akan melibatkan penjualan obligasi pemerintah jangka panjang untuk mendanai proyek-proyek yang berhubungan dengan makanan, energi, rantai suplai, dan urbanisasi.

5 Januari
Perumahan Sewa

PBOC dan NFRA menerbitkan panduan mengenai dukungan finansial untuk pengembangan pasar perumahan sewa. Hal ini termasuk kebijakan untuk mendorong bank-bank untuk memberikan pinjaman kepada para pengembang, kawasan industri, organisasi-organisasi, dan perusahaan-perusahaan pedesaan tertentu untuk membangun rumah-rumah baru untuk disewakan dalam jangka panjang atau merenovasi fasilitas-fasilitas yang sudah ada untuk tujuan tersebut.

(bbn)

No more pages