Logo Bloomberg Technoz

Analisis Sri Mulyani Soal Runtuhnya SVB

Tara Marchelin
15 March 2023 10:55

Kantor pusat Silicon Valley Bank (SVB) di Santa Clara, California, AS. (Philip Pacheco/Bloomberg)
Kantor pusat Silicon Valley Bank (SVB) di Santa Clara, California, AS. (Philip Pacheco/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut memberikan analisis terhadap penyebab runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB) di Amerika Serikat.

Pertama, SVB merupakan bank yang khusus mendanai startup. Sementara startup banyak mengalami penurunan kinerja keuangan tahun lalu.

Hal ini, menurut Sri Mulyani, terlihat dari berbagai indikator yang menyebabkan peningkatan ancaman terhadap penyaluran kredit, sehingga kinerja kreditnya mengalami penurunan.

Kedua, SVB mengalami kenaikan deposito lebih dari tiga kali lipat hanya dalam waktu kurang dari dua tahun. Di sisi lain, penyaluran pada kredit tertahan karena kinerja dari startup yang menurun secara signifikan menyebabkan neraca keuangannya tertekan.

Pergerakan harga saham SoftBank sejak Silicon Valley Bank (SVB) mengalami krisis (Bloomberg)

"Di sisi lain, deposito yang meningkat sangat tinggi dibelikan SBN di Amerika Serikat yang jangkanya panjang. SBN ini mengalami penurunan nilai karena interest rate dari Fed naik. Jadi, kalau interest rate naik, maka harga SBN-nya mengalami koreksi," jelas Sri Mulyani di sela-sela paparan APBN KiTa Edisi Maret 2023, Selasa (14/3/2023).