Logo Bloomberg Technoz

Singapura Wajibkan Label Nutri-Grade di Minuman Bubble Tea dkk

Septiana Ledysia
04 February 2024 10:30

Berbagai jenis minuman bubble tea./Bloomberg-Qilai Shen
Berbagai jenis minuman bubble tea./Bloomberg-Qilai Shen

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan Singapura menerapkan peraturan yang mewajibkan setiap minuman siap saji — termasuk bubble tea, kopi, teh, dll— diberi label nilai kandungan nutrisi atau nutri-grade. Kebijakan ini ditujukan untuk mengetahui apakah minuman tersebut baik dikonsumsi atau tidak.

Minuman paling sehat diberi nilai "A", sedengkan  yang memiliki kandungan gula dan/atau lemak jenuh tertinggi mendapatkan nilai "D".

Dilansir CNA, label nutri-grade ini wajib untuk minuman cepat saji mulai 30 Desember 2023, setelah sudah diperkenalkan untuk minuman kemasan sejak Desember 2022.

Minuman Iced Matcha Latte, iced Mocha, and iced Boba Taro./Bloomberg-Lanna Apisukh

Diabetes Masalah Serius

Dikutip dari situs jejaring resmi Health Promotion Board (HPB) Pemerintah Singapura, diabetes merupakan masalah kesehatan yang serius di Singapura. Jumlah penduduk Negeri Singa yang mengidap diabetes diperkirakan mencapai 1 juta orang pada 2050, jika tidak ada tindakan yang diambil. 

Sebagai tanggapan terhadap beban kesehatan dan sosial yang signifikan yang ditimbulkan oleh diabetes, Kementerian Kesehatan atau Ministry of Health (MOH) Singapura meluncurkan Perang Melawan Diabetes pada 201, guna memobilisasi upaya seluruh masyarakat untuk menangani penyakit tersebut.