Logo Bloomberg Technoz

Wapres Apresiasi Capaian BPKH dalam Pengelolaan Dana Haji


Dok: BPKH
Dok: BPKH

Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia (BPKH) di Kediaman Resmi Wakil Presiden, Jalan Diponegoro No. 6, Jakarta, pada Rabu (17/01/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Wapres menerima laporan tentang capaian pengelolaan keuangan haji oleh BPKH sepanjang 2023. “Harus ada inisiatif-inisiatif yang aman, tapi menghasilkan [dana] yang besar. Itu yang diperlukan BPKH,” ujar Wapres.

Menurutnya, dana kelolaan BPKH dinilai cukup besar, dana tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya karena setiap tahun dana tersebut digunakan untuk memberikan subsidi biaya haji. 

Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah menyampaikan laporan pencapaian pada 2023 lalu. Pada prognosa Desember 2023, posisi Dana Kelolaan telah mencapai Rp166,7 triliun atau meningkat sebesar 0,12% dari tahun 2022. Prognosa pencapaian Nilai Manfaat s.d Desember 2023 adalah sebesar Rp10,9 triliun atau meningkat sebesar 7,18% dari pencapaian Nilai Manfaat tahun 2022. 

Dok: BPKH

Menanggapi arahan investasi dana pengelolaan keuangan haji, Fadlul Imansyah mengatakan, BPKH kini telah memiliki Syarikah BPKH Limited sebagai anak Perusahaan BPKH di Arab Saudi. Anak Perusahaan ini secara khusus akan beroperasi di sektor perhotelan, fasilitas akomodasi, katering, dan investasi lain yang mendukung ekosistem perhajian di Arab Saudi.