Logo Bloomberg Technoz

AS Minta China Bantu Hentikan Serangan Houthi di Laut Merah

Rosmayanti
25 January 2024 14:40

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Amerika Serikat (AS) telah meminta China untuk membujuk Iran untuk menghentikan Houthi, yang merupakan milisi penguasa Yaman yang mendukung Teheran, agar menghentikan serangan ke Laut Merah. Ini terjadi pada saat konflik baru-baru ini telah membuat perairan penting dunia tidak dapat dilewati.

Melansir Financial Times, Kamis (25/1/2024), AS telah berulang kali mendiskusikan masalah ini dengan para pejabat tinggi di Beijing. Washington berpendapat bahwa Beijing tidak melakukan tekanan yang signifikan untuk menyelesaikan masalah ini.

Surat kabar itu melaporkan pada Rabu (24/1/2024), "penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan dan wakilnya, Jon Finer, membahas masalah ini dalam pertemuan bulan ini di Washington dengan kepala Departemen Hubungan Internasional Partai Komunis China Liu Jianchao."

Selain itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendiskusikan masalah ini dengan rekannya dari China.

Sebagai bentuk solidaritas dengan Hamas dan Gaza, kelompok Houthi di Yaman baru-baru ini melakukan serangan terhadap kapal-kapal yang terafiliasi atau terkait dengan Israel. Ini menyebabkan gangguan di perairan dan banyak kapal harus melalui Benua Afrika untuk mencapai Laut Tengah dan Eropa.