Logo Bloomberg Technoz

Bayaran Bankir Investasi Asia Merosot 20%-30%, Terendah 2 Dekade

News
25 January 2024 11:40

Ilustrasi bankir. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi bankir. (Sumber: Bloomberg)

Cathy Can - Bloomberg News

Bloomberg, Gaji bagi sebagian besar bankir investasi senior di perusahaan Wall Street di Asia turun ke level terendah dalam hampir dua dekade. Hal ini disebabkan oleh menurunnya jumlah transaksi di China dan Hong Kong yang berdampak buruk pada industri keuangan.

Menurut sumber, total kompensasi bagi banyak bankir senior di Asia kecuali Jepang jatuh ke kisaran US$700.000 hingga US$800.000, jauh di bawah US$1 juta atau lebih yang biasanya mereka peroleh sejak pergantian milenium. Setidaknya 20% dari managing director di bank-bank termasuk Morgan Stanley dan UBS Group AG, tidak menerima bonus tahun lalu.

Gaji menurun sebagian karena perusahaan berusaha memangkas pengeluaran di tengah masa kekeringan transaksi terburuk yang pernah ada, didorong oleh meningkatnya ketegangan politik dan pengetatan kontrol terhadap perusahaan swasta di China. Goldman Sachs Group Inc, JPMorgan Chase & Co dan Citigroup Inc telah melakukan beberapa kali pemutusan hubungan kerja (PHK) di Asia selama 18 bulan terakhir karena penjualan saham dan merger anjlok. Menurut data yang dikumpulkan Bloomberg, penawaran saham Asia di luar Jepang anjlok 30% tahun lalu, dibandingkan dengan lonjakan 45% di AS.

Sumber mengatakan Bank of America Corp memangkas lebih dari 20 pekerjaan investment banking di Hong Kong minggu ini. Bloomberg melaporkan pada Oktober 2023, UBS memangkas puluhan bankir investasi di Asia, terutama peran yang berfokus pada China di Hong Kong. JPMorgan memangkas sekitar 30 pekerjaan dealmaking di Asia awal tahun ini.