Logo Bloomberg Technoz

Luhut Jawab Cak Imin Soal Program Hilirisasi Ugal-ugalan

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 January 2024 21:00

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menanggapi paparan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mengatakan sektor pertambangan yang booming ternyata tidak membawa kesejahteraan untuk rakyat.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pernyataan yang dipaparkan Cak Imin saat debat Calon Wakil Presiden beberapa hari lalu adalah bohong. Ia ingin mengajak Cak Imin untuk melihat kondisi sektor pertambangan secara langsung.

“Saya pengen sebenarnya mengundang Muhaimin berkunjung ke Weda bay/Morowali, untuk lihat sendiri. Daripada anda membohong kepada publik yang menurut saya suatu karakter yang gak bagus, untuk mencapai suatu posisi anda membohongi publik dengan memberikan informasi seperti tadi,” tegas Luhut dalam akun Instagram miliknya.

Luhut juga memaparkan data kemiskinan pada daerah tersebut, yakni pada Sulawesi Tengah, yang menurutnya terjadi penurunan tingkat kemiskinan pada daerah tersebut. Dari yang sebelumnya pada tahun 2015 sebesar 14,7%, kini turun menjadi 12,4%.

Secara terperinci, menurutnya di Morowali pada tahun 2015 angka kemiskinan mencapai 15,8%, namun pada 2023 angka kemiskinan tersebut turun menjadi 12,3%.