Logo Bloomberg Technoz

Akhirnya Raja Hacker Ditangkap, Dihukum 20 Tahun Penjara

Muhammad Fikri
23 January 2024 14:48

Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peretas atau hacker dan admin forum BreachForums dengan nama populer “Pompompurin” atau Conor Brian Fitzpatrick dihukum penjara 20 tahun. BreachForums dikenal sebagai dark web, tempat berkumpulnya informasi peretasan atau leak ternama.

Hacker Brian Fitzpatrick, yang telah ditangkap pada Maret 2023, diamankan pihak berwenang karena menjadi fasilitator situs yang memperjualbelikan data hasil curian, alat peretasan, dan konten pelecehan seksual anak.

Pengadilan Distrik Virginia memutuskan hukuman Fitzpatrick 20 tahun dengan pembebasan yang diawasi. Selanjutnya hidupnya akan diawasi oleh perangkat GPS, dan pada tahun pertama dilarang menggunakan internet.

Fitzpatrick mengaku bersalah tetapi kemudian melanggar ketentuan pembebasan praperadilannya dan dipenjara sebelum hukuman dijatuhkan.

“Terdakwa harus menggunakan semua uang yang diterima dari pengembalian pajak penghasilan, kemenangan lotre, warisan, putusan, dan keuntungan finansial yang diantisipasi atau tak terduga, untuk kewajiban keuangan yang diperintahkan pengadilan, atau dalam jumlah lebih rendah yang akan ditentukan oleh pengadilan, atas rekomendasi dari petugas masa percobaan,” bunyi salah satu putusan yang diunggah.