Logo Bloomberg Technoz

Media Asing Soroti Gestur Gibran saat Debat Cawapres

Redaksi
23 January 2024 15:00

Gibran Debat Cawapres (Tangkapan Layar Youtube KPU RI)
Gibran Debat Cawapres (Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) dengan nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menjadi sorotan media asing setelah tampil dalam debat pemilu keempat pada akhir pekan lalu.

Channel NewsAsia (CNA), yang merupakan media asal Singapura, menyoroti sikap Gibran saat berdebat dengan dua cawapres lain, Mahfud Md dan Muhaimin Iskandar. Dalam salah satu sesi saat berdebat dengan Mahfud terkait greenflation (inflasi yang disebabkan oleh inisiatif-inisiatif ramah lingkungan), CNA menyoroti bagaimana Gibran membuat gestur "menunduk" dan pura-pura mencari barang yang hilang ketika tidak puas dengan jawaban Mafud.

Mahfud bicara tentang perekonomian ramah lingkungan alih-alih greenflation. "Saya mencari jawaban Prof Mahfud. Saya cari-cari (jawabannya) tapi kok nggak ketemu?" ungkap Gibran sambil melakukan gerakan menunduk.

Sebagai respons, Mahfud mengklaim Gibran mengada-ada. "Kalau seorang akademisi mengajukan pertanyaan seperti itu, tidak ada gunanya dijawab," jawab Mahfud.

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Dalam artikel berjudul "Dent in public hype over Indonesia VP candidate Gibran after 'rude' gesture against opponent in live debate", CNA juga menyoroti respons publik di media sosial terkait sikap Gibran. Salah satu pengguna platform X mengatakan Gibran tampil "songong" dan mencoba bersikap "savage".