Logo Bloomberg Technoz

Ryan Kyoto Merasa Ditipu Terkait Royalti, Hanya Rp10 Juta/Tahun

Muhammad Fikri
22 January 2024 13:50

Ryan Kyoto bersama Ahmad Dhani. (Sumber: Instagram @r.kyoto)
Ryan Kyoto bersama Ahmad Dhani. (Sumber: Instagram @r.kyoto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pecipta lagu tahun 80-an Ryan Kyoto mengaku selama ini merasa ditipu. Karena royalti yang ia terima sangat kecil setiap tahun.

“Alhamdulillah sampai saat ini masih di tipu, artinya begini, memang banyak yang harus dibenahi. Karena royalti itu adanya LMK apalagi LMKN karena adanya pencipta lagu. Kami bukannya sedih karena kami diberi sedikit atau senang karena besar, kita mau tau transparasinya, dari mana kita dapatkan ini? Karena lagu kita ngga sedikit,” kata Ryan kepada wartawan sebelum konferensi pers AKSI di kawasan Jakarta, Senin (22/1/2024).

Ryan mengatakan, hingga saat ini lagu yang sudah dia ciptakan sebanyak 200 lagu. Seperti ‘Jangan Kau Pergi’, ’Sendiri lagi’ yang dinyanyikan Chrisye dan banyak lagi.

“Berapa saya dapatkan? Saya buka disini ya, paling banyak saya dapatkan Rp10juta per tahun. Makanya belakangan saya tidak lagi berbicara banyak karena saya rasa saya sendiri. Tidak ada pencipta lain yang bersuara seperti saya, lalu muncul lah AKSI ini,” ujar Ryan.

Ryan juga mengungkapkan selama dia berkarya belum ada satupun menerima royalti secara direct license.