Logo Bloomberg Technoz

Tambang Ilegal Disokong Kekuatan Luar Biasa Jadi Atensi Ganjar

Pramesti Regita Cindy
17 January 2024 22:45

Ganjar-Mahfud di acara Paku Integritas KPK (YouTube KPK)
Ganjar-Mahfud di acara Paku Integritas KPK (YouTube KPK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menyinggung soal pentingnya sinergi antarlembaga penegak hukum dalam memberantas kejahatan ekonomi termasuk tambang ilegal. Soalnya, kata dia, tambang ilegal tak jarang dilindungi oleh kekuatan luar biasa. Oleh karena itu, kekuatan dan tim serta koordinasi penegak hukum juga tak boleh kalah.

"Sinergi antarlembaga jadi penting dan kenapa TNI menjadi penting, kita melihat yang illegal economy termasuk tambang-tambang ilegal apalagi yang di perbatasan rasanya penegak hukum perlu dibantu karena situasi yang sangat sulit," kata Ganjar di acara "PAKU Integritas" KPK di Jakarta, Rabu malam (17/1/2024).

"Yang kadang-kadang mereka di-back up oleh kekuatan luar biasa maka tindakan yang luar biasa juga perlu dilakukan tanpa itu tidak akan berjalan," lanjut dia.

Sementara dalam aspek pencegahan, Ganjar mengatakan perlunya digitalisasi dalam birokrasi.

"Digitalisasi sistem keuangan dan dengan cara digitalisasi sebenarnya penghematan bisa dilakukan, transksi tunai sulit dilacak maka harus ada pembatasan maka harus ada pembatasan yang Rp100 juta itu harus jadi komitmen," kata Ganjar lagi.