Logo Bloomberg Technoz

Sandi Sebut Royalti Lagu Cuan Rp4 T, Musisi Ungkap Fakta Berbeda

Dinda Decembria
17 January 2024 09:20

Sandiaga Uno. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dinda Decembria)
Sandiaga Uno. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dinda Decembria)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno menyebut total ekonomi dari 3.200 event yang bergulir pada 2023 telah menghasilkan sekitar US$10-US$12 miliar (Rp160 Triliun).

Sandi menambahkan hal tersebut membuat para pencipta lagu atau musisi memiliki kekayaan intelektual bisa mencapai Rp4 triliun di tahun 2023. 

"Mustinya ini yang musti teman-teman pecahkan bersama karena setiap saya mendalami banyak gelutnya," kata Sandiaga di acara The Weekly Brief with Sandi Uno bersama para musisi di kantor Kemenparekraf.

Namun angka yang disebut oleh Sandi disanggah oleh Wakil Ketua Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI), Rieska Roeslan. Menurut Rieka, angka hak ekonomi yang disebut Sandi jauh dari yang diterimanya di tahun lalu.

"Kami tadi bilang cuman ada Rp900 juta berarti jauh banget dari angka yang bapak dapetin. Kalau Rp900 juta cuman segitu, tidak ada banyak konser di Indonesia itu," tutur mantan vokalis The Groove sekaligus Wakil Ketua Umum AKSI, Rieska Roeslan