Logo Bloomberg Technoz

Kemenkeu: Ekonomi Global 2024 Tak Pasti, Pengaruhi Perdagangan RI

Redaksi
16 January 2024 15:50

Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan aktivitas ekonomi global pada 2024 masih akan menghadapi risiko dan ketidakpastian sehingga mempengaruhi perdagangan Indonesia. Hal ini tercermin pada proyeksi perlambatan pertumbuhan ekonomi global oleh berbagai lembaga internasional yang juga diikuti oleh moderasi harga komoditas. 

"Hal tersebut secara langsung akan memberi pengaruh terhadap aktivitas perdagangan Indonesia pada 2024," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu dalam keterangan tertulis, Selasa (16/1/2024).

Maka itu, menurut dia, pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan global terhadap ekspor nasional, serta menyiapkan langkah antisipasi melalui dorongan terhadap keberlanjutan hilirisasi sumber daya alam. 

"Selain itu, berupaya meningkatkan daya saing produk ekspor nasional, serta diversifikasi negara mitra dagang utama,” kata Febrio.

Selama 2023, aktivitas perdagangan Indonesia terjaga, neraca perdagangan Indonesia secara total kembali mencatatkan surplus sebesar US$36,93 miliar. Capaian tersebut menunjukkan kinerja neraca perdagangan Indonesia yang tetap baik, di tengah perlambatan ekonomi global.