Logo Bloomberg Technoz

Induk Shopee Untung, Harta Pendirinya Tambah Rp 13 T Semalam

News
08 March 2023 12:03

Chairman, Chief Executive Officer, co-Founder Sea Ltd Forret Li (Michael Nagle/Bloomberg)
Chairman, Chief Executive Officer, co-Founder Sea Ltd Forret Li (Michael Nagle/Bloomberg)

Yoolim Lee dan Olivia Poh - Bloomberg News

Bloomberg - Kinerja keuangan Sea Ltd. yang mencatatkan laba untuk pertama kalinya sejak berdiri telah mendorong harga saham perusahaan naik 22% dalam perdagangan bursa AS, Selasa (7/3/2023). Ini juga bawa berkah bagi pendirinya Forrest Li.

Kenaikan harga saham ini telah membuat kekayaan Forest Li bertambah lebih dari US$900 juta atau setara Rp 13,86 triliun (asumsi Rp 15.400/US$) dalam satu hari. Menurut Bloomberg Billionaires Index, saat kekayaannya sekitar US$5,3 miliar setara dengan Brain Kim dari Kakao Corp dan Gu Xiaoqing pendiri Shein Group.

Bloomberg News mencatat tahun ini kekayaan Forrest Li bertambah US$1,8 miliar usia Sea memecat ribuan karyawaan, memotong gaji dan berjanji mengontrol pengeluaran. Sea merupakan induk usaha dari e-commerce Shopee, unit game online Garena dan fintech pembayaran SeaMoney.

Pergerakan harga saham Sea Ltd. usai pengumuman kinerja keuangan 2022 (Bloomberg)

Saham Sea naik tinggi karena perusahaan melaporkan kinerja keuangan yang mengejutkan di mana perusahaan mencatatkan laba. Ini membuat valuasi perusahaan bertambah US$8 miliar menjadi US$45 miliar.