Logo Bloomberg Technoz

Saat dimintai keterangan soal isu transfer teknologi antara ketiga negara, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan pada Januari bahwa mereka merasa optimistis dengan kemajuan proyek AUKUS.

Sebelumnya, kesepakatan itu menyebabkan keretakan diplomatik dengan Prancis setelah mantan PM Australia Scott Morrison membatalkan kontrak kapal selam senilai 90 miliar dolar Australia (Rp 914 triliun) dengan Paris pada 2021 lalu. Pembatalan kontrak tersebut dilakukan setelah Australia menjalin kesepakatan dengan AS dan Inggris untuk membangun kapal bertenaga nuklir.

Biden yang sempat menjamu Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk makan malam kenegaraan pada Desember lalu berbicara dengannya melalui telepon pada Selasa (07/03/2023) membahas kerja sama antara AS dan Prancis di kawasan Indo-Pasifik serta upaya bersama untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh China terhadap tatanan internasional berbasis aturan, demikian menurut pernyataan Gedung Putih.

Macron pada akhir tahun lalu mengatakan bahwa tawaran kapal selam buatan Prancis untuk Australia masih berlaku, namun sampai saat ini Australia belum memberikan indikasi akan mempertimbangkan kembali kesepakatan itu.

(bbn)

No more pages