Logo Bloomberg Technoz

Adik Kim Jong Un Ancam Latihan AS-Korsel, Siap Ambil Tindakan

News
07 March 2023 15:55

Kim Yo Jong (Sumber: Bloomberg)
Kim Yo Jong (Sumber: Bloomberg)
Jeong-Ho Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Adik perempuan Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kembali mengeluarkan peringatan kepada Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) jika kedua negara itu bersikeras menggelar latihan militer gabungan pada minggu depan.

Media resmi Korut, Korean Central News Agency melaporkan, Kim Yo Jong mengatakan negaranya sedang memantau "gerakan militer pasukan AS yang gelisah dan "militer boneka" Korsel.

Kim mengatakan bahwa Pyongyang "bersiap untuk mengambil tindakan yang tepat, cepat dan luar biasa kapan saja menurut penilaian kami," demikian laporan kantor berita tersebut, Selasa (07/03/2023).

Komentar terbaru itu menunjukkan Korut akan terus meningkatkan provokasi mereka setelah sebelumnya Kim mengancam untuk mengirim rudal ke Samudra Pasifik jika kedua negara itu tetap melanjutkan latihan gabungan.

Mengingat Pyongyang berupaya meningkatkan kemampuannya untuk menyerang AS dan sekutunya, mereka mungkin akan memanfaatkan situasi ini untuk menguji apakah hulu ledaknya dapat menahan panas dan tekanan saat masuk kembali ke atmosfer.