Logo Bloomberg Technoz

Altcoin Ikut Cuan Usai Putusan SEC Setujui ETF Bitcoin

Muhammad Julian Fadli
11 January 2024 16:55

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Altcoin atau token-token digital yang kapitalisasi pasarnya lebih kecil dan kurang dikenal, seperti Ethereum Classic (ETC) dan Arbitrum (ARB), mencetak cuan mengungguli Bitcoin.

Hal yang terjadi di tengah putusan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (Securities and Exchange Commission/SEC) yang menyetujui ETF Bitcoin Spot, dini hari tadi.

Kapitalisasi pasar dan volume perdagangan yang terdiri token unggulan dari 100 token teratas, berdasarkan nilai, terus menguat dan meningkat dengan masing-masing 2,45% dan 41,97%, terlebih lagi setelah banyak token memangkas keuntungan pada awal pekan saat wait and see dan antisipasi kebijakan SEC.

Bitcoin, yang menyumbang sekitar setengah dari nilai pasar aset kripto yakni hanya berhasil menguat 0,95% menjadi sekitar US$46.241, pada pukul 15.20 WIB.

Beberapa Altcoin menghadapi tren dan sentimen yang sama, pada hari Rabu (10/1/2024) waktu setempat, atau dini hari tadi waktu Indonesia. Melalui situs resminya, SEC mengumumkan bahwa mereka menyetujui sejumlah berkas ETF Bitcoin Spot.

Ethereum Classic ETC Melonjak usai Persetujuan ETF Bitcoin Spot (CoinMarketCap)