Logo Bloomberg Technoz

ICP Anjlok ke US$75/Barel Dipengaruhi Banjir Stok Minyak AS

Wike Dita Herlinda
10 January 2024 15:49

Kilang Minyak. (dok Bloomberg)
Kilang Minyak. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menurunkan harga rata-rata minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) periode Desember 2023 menjadi US$75,51/barel.  Nilai tersebut anjlok US$4,12/barel dari bulan sebelumnya US$79,63/barel.

ICP periode terbaru tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 17.K/MG.03/DJM/2023 tentang Harga Minyak Mentah Bulan Desember 2023 tanggal 2 Januari 2024.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi menyampaikan koreksi ICP disebabkan oleh  penurunan harga minyak mentah utama di pasar global akibat anjloknya permintaan.

Selain itu, penurunan harga minyak mentah utama disebabkan juga karena peningkatan produksi minyak dan stok minyak sulingan dan bensin dari Amerika Serikat (AS).

"Penurunan permintaan minyak global tersebut dipengaruhi oleh pelemahan kondisi makroekonomi akibat suku bunga yang tinggi. Selain itu, juga terdapat peningkatan standar efisiensi dan peningkatan mobil listrik yang dapat membatasi permintaan minyak," ujar Agus melalui pernyataan resmi, Rabu (10/1/2024).